Friday, March 5, 2010

SETTING FEEDBURNER - BERLANGGANAN POSTING VIA EMAIL

Pada Bagian sebelah kanan blog ini anda dapat melihat kotak bertuliskan berlangganan artikel via email kan? Itu adalah fasilitas feedburner yang disediakan untuk blog. Dimana bila ada pembaca yang ingin berlangganan via email maka tiap posting baru dari penulis blog akan otomatis dikirim ke email anda. secara gratis baik ke email Gmail ,Yahoo ataupun alamat email lainnya.
Setting Feedburner - Berlangganan Posting Via Email tentunya butuh cara setting atau langkah-langkahnya bukan? Langkahnya adalah sebagai berikut : 
  1. Pertama-tama anda harus daftar dulu di http://www.feedburner.com.
  2. Kemudian saat pertama kali masuk ke situs tersebut, anda akan diberikan Formulir pendaftaran untuk diisi dan Kotak untuk membakar Feed Blog anda. 
  3. Isikan untuk alamat Feed Blog anda, biasanya seperti ini http://NAMABLOG.blogspot.com/feeds/posts/default , ganti tulisan NAMABLOG dengan alamat blog anda.
  4. Isikan nama feed blogmu ke dalam kotak yang tersedia, jika blog sobat itu isinya berisikan video maka beri tanda centang pada kotak "I am a podcaster". Kemudian klik "next"
  5. Lakukan Pendaftaran isikan data-data yang perlu ditulis dan klik "Activate Feed"
  6. Lihat pada bagian bawah tombol, ikuti "Next" dan "Skip directly to feed management" terakhir pilih "Skip directly to feed management".
  7. Ada beberapa menu disana, langsung pilih menu "Publicize"
  8. Pada Bagian baris kiri menu Publicize carilah menu  "Email Subscriptions". tombol "Activate".
  9. Selanjutnya ada 2 cara anda bisa memilih widget otomatis untuk typepad atau blogger untuk ditambahkan di blog anda atau anda bisa copy kode yang ada di kotak "Subsciption Form Code"
  10. Bila telah di-Copy kode tersebut jangan lupa klik save 
  11. Langkah terakhir paste kode HTML tersebut di menambahkan di menu anda, tataletak - add gadget – HTML/javascript  

Bila anda juga ingin tahu secara praktis jumlah pembaca berlangganan anda anda tinggal menambahkan chicklet pada menu diatas  yaitu "Publicize dan cari menu FeedCount" disitu ada kode script yang harus anda copy dan dipasang bersama dengan script diatas tadi. Bagaimana mudah bukan? Tipsnya lakukan dengan tenang dan bertahap, jangan panik melihat page yang terlihat rumit. Bila ada pertanyaan silahkan isi komentar dibawah ini.
Oke selamat mencoba dan juga silahkan untuk berlangganan gratis ALLIEN 99 dan MEMORABILIA  .. :) 

No comments:

Post a Comment