Saturday, March 13, 2010

PING - CARA CEPAT INDEX SEARCH ENGINE

Bagi anda yang memiliki blog/web tentunya ingin blog anda cepat di Index Search Engine bukan? seperti google, Technorati, Alexa dll. Sebenarnya banyak cara untuk mempercepat index search engine bagi blog anda, salahsatunya adalah Pinging atau melakukan Ping.
Ping adalah kegiatan memberitahukan search engine bahwa anda memiliki blog sehingga search engine bisa mengindex blog anda dengan cepat, sehingga kemungkinan website terindeks akan lebih terjamin dibanding dengan cara publish posting biasa.
Di sini saya akan memberikan beberapa link URL yang terpenting untuk dilakukan Ping :

  1. Bila website anda adalah berbentuk blog, Ping pada Google Blog Search dengan membuka http://blogsearch.google.com/ping ,isikan alamat email dan submit blog.
  2. Daftarkan website/blog anda ke Google. http://www.google.com/addurl , isikan URL web anda dan juga isi kolom dibawahnya dengan content yang anda miliki.
  3. Daftarkan web anda di Technorati yang juga merupakan search engine untuk blog yang cukup potensial jika memberikan backlink untuk SEO anda. Caranya buka http://technorati.com/ping ,tapi saya dengar technorati sekarang ini tidak memberikan layanan backlink lagi (tapi cobalah dulu).
  4. Gunakan Ping-O-matic, buka http://pingomatic.com ,isi nama blog di Blog name, isi homepage di Blog Home Page dan juga isi URL dari sindikasi rss/atom di RSS URL (optional/alias tidak wajib).
Lakukan keempat hal di atas untuk mempercepat index search engine. Bila anda merasa Google itu penting lakukan Ping khususnya untuk point 1 dan 2. Sebagai tambahan bila anda melakukan ping sesuai point 3 & 4 maka akan dapat mempercepat website anda dikenal lebih luas oleh berbagai search engine.
Saran saya, lakukan Ping secara rutin, terutama setiap anda menerbitkan postingan baru. Carilah lebih banyak lagi website lain yang menawarkan fasilitas ping. saya ibaratkan Pinging seperti kegiatan kita menepuk search engine untuk mengingatkan bahwa kita memiliki web/blog.
Bagi para sahabat yang ingin menanggapi ataupun menambahkan perihal ping ini silahkan isi kolom komentar. Semoga sedikit tulisan ini bisa berguna dan bermanfaat.    

No comments:

Post a Comment