Friday, March 5, 2010

Bergabung Dengan MLM Online

Setiap orang mungkin mengenal bisnis ini. Bisnis Multi Level Marketing (MLM) yang biasanya dijalankan secara offline. Perkembangan MLM saat ini telah berubah dari offline menjadi Online. Coba saja anda search di Google dengan keyword MLM maka daftar bisnis ini jumlahnya bejibun. Bila anda tertarik ada beberapa hal yang harus kita pelajari sebelum bergabung. 
1. Track Record Perusahaan
Simak track record Perusahaan MLM tersebut, bila dari luar negeri periksa dengan jelas, prestasi, pertumbuhan bisnis mereka dan komentar publik/orang2 tentang perusahaan tersebut.Ada perusahaan luar negeri yang berekspansi karena pertumbuhan yang sehat, ada jg perusahan MLM luar yang masuk ke Indonesia Karena di negaranya sudah tidak laku lagi.
Bila perusahaan MLM lokal , simak perusahaan tersebut didirikan, pendiri, record pendiri bisnis, alamat jelas dan perusahaan corporate  yang menjadi backupnya. Berhati-hatilah.
Saya sarankan pilihlah perusahaan yang besar, dimana perusahaan tersebut tidak hanya memikirkan profit saja, tetapi juga maju dalam riset dan inovasi produknya.

2. Produk yang Dipasarkan
Kekuatan bisnis ini tergantung jenis produknya. Apakah produk tersebut punya nilai manfaat untuk orang banyak, harganya terjangkau dan kualitas produk teruji ? juga sudah banyakkah yang sudah membuktikan khasiatnya?.

3. Marketing Plan
Teliti dengan baik Marketing Plan yang ditawarkan. Berapa prosentase share profit ke perusahaan ke membernya? Ini penting sekali, soalnya ini prospek jaka panjang kita nantinya. Kalo perusahaan MLM tersebut bisa membagi share profit dengan baik, kemungkinan perusaan itu mampu bertahan dengan lama dan jangka panjang.

4. Peluang Market
Pahami marketing plan dan produk di atas, anda bisa membayangkan berapa besar market pasar yang bisa diserap oleh perusahaan MLM tersebut. Teliti juga kompetitor/ perusahaan MLM lain yang memasarkan produk/ marketing plan yg hampir sama, segera ambil kesimpulan. Apakah sudah ada perusahaan sebelumnya masuk Indonesia dengan format yang sama ? kalau ada, berarti perusahaan MLM tsb adalah perusahaan MLM Follower yg baru msk ke sini. Kalau follower, pastikan membawa hal baru yang tidak dimiliki oleh MLM terdahulu.

5. Terdaftar di Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI)
Nach kalo yang ini penting sekali, perhatikan perusahaan tersebut sudah terdaftar di APLI. Karena klo tidak, perusahaan itu ilegal. Perlu diketahui perusahaan yang memiliki Surat SIUPL belum berarti sudah terdaftar/ termasuk yg sesuai dengan kreteria dari pihak APLI. Coba anda check di http://apli.or.id. Untuk lebih jelasnya.

Bisnis MLM memang menjanjikan, tapi sebelum anda bermimpi alangkah lebih baiknya untuk menjalankan tips diatas. Bila kriterianya semua lolos maka tidak sia-sialah anda memacu semangat anda untuk menjadi jutawan MLM. Oya sedikit tambahan selain di Google bisnis MLM juga berkembang di group facebook.
Bagi anda yang ingin menanggapi silahkan menulis komentar dibawah ini. Selamat mencoba.
referensi : http://apli.or.id, John C.Maxwell – penulis buku (High Trust Selling)

No comments:

Post a Comment