Saturday, March 20, 2010

Maksimalisasi Pagerank

Dalam dunia website tentunya anda akan berkenalan dengan istilah pagerank. Pagerank adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan dan berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer. PageRank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google dan diciptakan oleh pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin dari Universitas Stanford. Topik selanjutnya adalah bagaimana menerapkan Maksimalisasi Pagerank?
Sebenarnya Pagerank bila dikategorikan ada dua macam, pagerank yang lebih mengutamakan link site (misalnya Google Pagerank) dan ada juga pagerank yang mengutamakan traffic site (misalnya saja Alexa Rank).
Perbedaannya adalah semakin besar rank yang diberikan maka semakin tinggi rankingnya (Google pagerank), sedangkan untuk Alexa sebaliknya semakin kecil nilainya, maka rankingnya semakin tinggi.

Cara Meningkatkan Pagerank adalah sebagai berikut :
1.      Update website setiap hari dengan lebih banyak konten unik. Jika situs anda memiliki beberapa artikel/informasi menarik bagi pengunjung maka itu adalah peluang bagi website anda untuk dikunjungi kembali.
2.      Maksimalisasi link situs web Anda. Sebagai contoh, anda dapat memberikan link dari artikel sebelumnya (tautan internal) pada halaman artikel yang ditampilkan. atau anda dapat memberikan daftar artikel terkait di akhir tulisan sehingga pengunjung dapat tetap berada di website Anda dalam waktu yang lama.
3.      Buat sitemap untuk website (basis XML untuk Google dan basis teks untuk yahoo) kemudian submit sitemap ke Google dan submit sitemap ke Yahoo. Miliki account dari  Google Webmaster dan sign in di sana untuk melihat statistik website Anda. Google Webmaster akan memberitahu Anda jika situs Anda diindeks atau tidak, dan info peringkat halaman Anda di Google, coba klik di sini untuk Menghasilkan Sitemap

Tips Terpenting dari meraih Pagerank adalah Link Exchange atau bertukar link antar pemilik web/blog. Keduanya menyimpan link pada website/blog-nya masing-masing, umumnya disimpan dalam menu Friends Blog ataupun Blogroll. Sehingga terjadi interaksi antar blog dan terciptanya komunitas.
Di bawah ini saya sediakan artikel yang berhubunngan dengan topik diatas beserta langkah dan alamat URL yang diperlukan.

related article :
link exchange
apakah alexa rank?
ping cara cepat index search engine
SEO dengan google webmaster tool
fungsi penting alexa toolbar bagi alexa rank

No comments:

Post a Comment