Tuesday, June 1, 2010

GOOGLE DAN VMWARE KEMBANGKAN CLOUD COMPUTING

Raksasa mesin pencari terbesar di dunia Google menjalin suatu kemitraan dengan VMware Inc, salah satu penyedia solusi virtualisasi ternama. Kolaborasi ini berlangsung di bidang pengembangan peranti lunak enterprise sekaligus mendorong adopsi komputasi awan (cloud computing). Google dan VMware kembangkan Cloud Computing adalah untuk tujuan kemudahan dan kemajuan di dunia networking.

Berkat terbentuknyaa kerja sama ini, pengembang piranti lunak enterprise akan lebih mudah dalam membangun, memasang, dan mengelola aplikasi pada lingkungan Cloud Computing atau komputasi awan, baik dalam lingkup publik, privat, atau hibrid.

"Perusahaan terus mencari cara untuk mendorong transformasi ke arah Cloud Computing. Mereka jelas tertarik dengan manfaat ekonomi dari komputasi awan itu, namun mereka semakin fokus mencari cara bagaimana membuat bisnis semakin lincah dan inovatif seperti yang dijanjikan komputasi awan," kata Paul Maritz, President dan CEO VMware Inc.

"VMware dan Google sejalan untuk memastikan bahwa pilihan dan portabilitas adalah hal yang paling penting bagi para pelanggan kami dan komunitas Java. Karena itu, kami menjamin bahwa aplikasi modern bisa berjalan dengan mulus di dalam firewall datacenter perusahaan ataupun di lingkungan awan publik," jelasnya.

Kolaborasi Google dan VMware berlangsung di banyak bidang. Proyek-proyek tersebut memungkinkan pengembang Java membangun aplikasi Web yang kaya, menggunakan peranti dari Google dan VMware di atas aplikasi cloud, dan menggelar aplikasi Spring Java di atas Google App Engine.

"Saat ini, para pengembang mencari cara yang lebih cepat untuk membuat dan menjalankan aplikasi web, sedangkan bisnis menginginkan platform yang terbuka dan fleksibel," papar Vic Gundotra, Vice President Developer Platform Google.
Kerja sama dengan Google dan VMware untuk membawa portabilitas awan ke ranah enterpise akan memudahkan para pengembang menggelar aplikasi Java ke dalam lingkungan mereka," tandasnya.

Melalui SpringSource Tool Suit yang berbasis Eclipse, para pengembang bisa membangun aplikasi Spring dengan cara yang familiar dan fleksibel, seperti privat di dalam VMware vSphere, publik dalam VMware vCloud dari penyedia cloud, atau langsung ke Google App Engine.

VMware dan Google menggabungkan kecepatan pengembangan dari Spring Roo, yakni peranti untuk mengembangkan aplikasi secara cepat, dengan kekuatan Google Web Toolkit (GWT) untuk membangun aplikasi browser yang kaya.

Aplikasi yang diperkuat GWT mampu meningkatkan kemampuan teknologi browser seperti AJAX dan HTML5 untuk memberikan pengalaman pengguna lebih menarik, baik di smartphone maupun komputer.

Kedua perusahaan juga berkolaborasi untuk mempererat integrasi teknologi pelacak kinerja VMware Spring Insight dalam aplikasi server SpringSource Server dengan teknologi Google Speed. 
(c) Google dan VMware kembangkan Cloud Computing. Mei 2010 
vivanews 

No comments:

Post a Comment