Wednesday, June 2, 2010

4 CARA MENDAPATKAN TRAFFIC WEBSITE

Pada waktu memulai menggeluti dunia blogging, kesulitan yang paling dirasakan adalah sulitnya mendapatkan traffic. Kondisi pertama yang dihadapi adalah konten belum terindeks mesin pencari, khususnya Google. Selain dari itu Pembelajaran SEO dan keyword yang belum terpahami secara mendalam dan terakhir adalah minimnya relasi.
Pada akhirnya saya memahami 4 Cara Mendapatkan Traffic Website. 4 Cara ini bisa dikombinasikan untuk mendapatkan Traffic website. Bila para sahabat tertarik untuk menyimak, silahkan lanjutkan membaca ulasan dibawah ini.

Perjalanan membangun blog ternyata tidak segampang yang dikira. Membuat artikel, sulitnya bertukar link dengan blog yang ber-ranking tinggi dan juga dipandang sebelah mata oleh para senior blogger. Alasan tidak berminat tukar link berhubung pertimbangan statistik website itu bisa lebih mudah diterima (daripada cuek). Penolakan/penerimaan tukar link sah-sah saja karena itu hak masing-masing blogger.
Kembali ke topik pembahasan diatas, berdasarkan pengalaman pribadi saya merumuskan 4 Cara Mendapatkan Traffic Website. Mari kita bahas satu persatu.

1. Membuat Content Asli
Cara ini terbukti paling efektif dan maksimal dalam mendapatkan traffic ke website anda. Google sangat menyenangi content artikel yang orisinil. Artikel seperti ini akan mudah muncul di halaman page Google. Bila Content website anda tepat sasaran (judul dan isi) maka tidak perlu bersusah-payah berpromosi sana-sini, artikel anda pasti di-hit / dikunjungi orang lain yang membutuhkan informasi tersebut.
Peribahasa kuno 'Content is The King' tidak bisa dipungkiri kebenarannya, jadi mulailah untuk belajar membuat content asli, meskipun dengan tulisan dan topik yang sederhana.

2. Mendaftar di Web Direktori
Cara kedua adalah dengan Cara mendaftar di Web direktori. Selain Content, anda bisa mendaftarkan website anda ke berbagai web direktori yang tersedia. Pilihlah Web direktori yang memiliki ranking tinggi, terindeks dengan baik oleh Search engine dan gratis tentunya (inilah ciri-ciri web direktori berkualitas).
Berkat bantuan Web Direktori, website anda akan terbantu mendapatkan traffic yang datangnya melalui web direktori tersebut. Keuntungan lainnya, misalnya artikel anda yang gagal terindeks di Top Page Google akan berpeluang mendapatkan kunjungan dengan bantuan web direktori ini. Sangat menguntungkan bukan?

3. Memperbanyak Blogwalking dan Networking
Cara ketiga adalah memperbanyak blogwalking dan networking. Maksudnya adalah sering-seringlah berkunjung ke website/blog tetangga. Selain itu juga membangun networking dengan saling menjadi follower. Blogwalking biasanya dilakukan dengan cara memberikan apresiasi terhadap isi artikel yang ditulis, mengucapkan terima kasih atas informasi yang diberikan karena dinilai bermanfaat, juga saling menyapa dan berkenalan.
Bagi anda yang senang bersosialisasi tentunya hal ini sangat menyenangkan. Tapi konsekwensinya cara ini membutuhkan intensitas interaksi yang cukup tinggi. Anda harus sering-sering online untuk bertegur sapa dan saling bertukar komentar (dari sinilah traffic terjadi), Saran dari saya, jangan sampai anda keteter membuat postingan karena terlalu sibuk blogwalking. Prioritas tetap pada Content.

4. Membuat Artikel Repost
Cara terakhir adalah membuat artikel Repost. Repost adalah menulis ulang (copy paste) artikel dari sumber lain untuk kita tampilkan. Ada satu etika tidak tertulis untuk aturan Repost artikel ini. Dikatakan halal bila dalam repost tersebut anda mencantumkan link sumber tulisan anda ataupun menulis sumber tulisan itu berasal. Bentuknya bisa berupa ulasan ulang dan referensi.
Idealnya dengan cara meminta ijin pada si penulis, tapi dengan etika diatas cukup mewakili legalitas repost. Resikonya bisa kena semprot penulis asli (atau yang ngaku-ngaku). Tapi anda tidak perlu kuatir bila yang anda tulis adalah hasil eksperimen dan pengalaman pribadi anda, cuek aja. Pengalaman bisa berakhir pada kesimpulan yang sama. contohnya utak atik template, Tips blogging, SEO dll.

Begitulah 4 Cara mendapatkan Traffic website menurut pemahaman saya. Anda bisa mengkombinasikan 4 cara diatas tergantung mood dalam menjalani dunia blogging ini. Terkadang mood selalu berubah-berubah, Misalnya lagi males nulis, ga ada ide nulis, menemukan hal baru dll. Intinya tetaplah melakukan posting apapun kondisi mood anda.
Semoga tulisan sederhana ini bisa bermanfaat bagi rekan-rekan blogger. Mohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan dalam penulisan artikel ini.
Goodluck and happy blogging everyone..  :)

No comments:

Post a Comment