Friday, June 11, 2010

CARA MENILAI DAN MEMILIH WEB DIREKTORI

Pada postingan terdahulu saya pernah menulis artikel tentang 4 cara menambah traffic website, bagi rekan dan para sahabat yang ingin lebih jauh mengetahui dan memahami tentang web direktori dengan cara submit blog akan saya coba terangkan pada artikel ini.
Cara menilai dan memilih Web Direktori tentunya perlu untuk dipahami bagi para pemburu backlink dan traffic. Banyak blog directory dan situs web yang menyediakan layanan gratis, ada yang harus membayar, dan ada pula yang mensyaratkan harus memberi link balik (reciprocal link) ke situs asalnya. Sangat menguntungkan memang, namun tetap harus jeli memilih directory, karena tidak semua situs itu bagus di mata Google.

Cara menilai dan memilih web direktori memerlukan beberapa hal yang harus dicermati sebelum sahabat melakukan submit blog, yaitu antara lain :

1.      Memiliki Ranking yang tinggi; directory dengan PR tinggi setidaknya menjamin kualitas, karena banyak link berkualitas yang masuk ke directory tersebut.
2.      Jumlah kategori; situs yang mempunyai banyak kategori (internet, art, fashion,games, dll) akan memudahkan mendaftarkan blog kita sesuai kategori blog kita.
3.      Usia Website atau domain; hal ini berguna karena semakin lama usia domain sebuah directory, berarti banyak website yang terdaftar di situs directory dan juga semakin bagus reputasi directory tersebut
4.      Terindex dengan baik; situs directory yang bagus adalah jika search engine besar seperti Yahoo, Google dan Bing rutin mengindex mereka, sehingga blog kita pun akan mudah ditemukan search engine.
5.      Persyaratan pendaftaran; sebuah blog directory yang bagus, biasanya tidak menyertakan syarat untuk saling tukar link dengan pelanggannya (reciprocal link).
6.      Informasi tentang domain; domain directory yang sering berganti pemilik, membuat kesan profesional situs tersebut menurun, karena bisa jadi hanya ajang jual beli domain dengan PR tinggi.
7.      Kuantitas blog yang terdaftar; semakin banyak link blog atau website yang terdaftar, maka semakin bagus kualitas directory tersebut, artinya dipercaya mendatangkan traffic.
8.      Persetujuan manual; hal ini lebih baik karena berarti pengelola situs dapat mengedit atau mengunjungi blog kita sebelum masuk ke daftar mereka, dibanding approval melalui mesin.
9.      Tidak memungut biaya; abaikan saja jika ada sebuah situs directory dengan sedikit pendaftar dan tidak terkenal yang mengharuskan biaya pendaftaran, lebih baik cari yang gratis.
10.  Membuat email khusus; karena kebanyakan directory ini memberikan konfirmasi dan mengirim newsletter lewat email, juga agar tidak bingung dengan banyaknya junk email.

Begitulah sedikit bahasan singkat mengenai cara menilai dan memilih web direktori yang baik menurut pengamatan saya pribadi. Mungkin banyak hal-hal lainnya yang masih bisa digali untuk melengkapi hal diatas.
Semoga bisa berguna dalam menambah wawasan dan bermanfaat bagi rekan dan para sahabat. 

baca juga artikel bermanfaat berikut :

No comments:

Post a Comment