Monday, June 14, 2010

CARA TERMUDAH EDIT TEMPLATE BLOGGER

Bagi rekan-rekan yang tidak terlalu familiar dengan kode HTML, CSS dan sebagainya mungkin akan sedikit kerepotan dalam melakukan modifikasi template. Ada kabar gembira bagi anda yang tergabung dengan blogger (blogspot) karena sekarang ini telah ada fitur baru 'Template Designer' untuk memudahkan modifikasi template blog sahabat blogger. Cara Termudah Edit Template Blogger ini bisa diikuti oleh blogger pemula ataupun para senior sekalipun. Tanpa perlu masuk ke edit HTML. Bagi rekan dan sahabat yang tertarik silahkan ikuti tutorial di bawah ini.


Cara Termudah Edit Template Blogger ini adalah dengan menggunakan fitur baru dari blogspot yaitu Template Designer, jika sobat masuk ke Dashboard dan ke menu Design (English version) akan terlihat tampilan template designer.


Langkah selanjutnya sobat tinggak masuk ke menu template designer, dan akan muncul tampilan interaktif sebagai berikut :


Sobat bisa memperhatikan tool yang tersedia dan bila berminat bisa mencoba dulu berbagai macam theme yang tersedia, sobat tidak perlu kuatir sepanjang tidak meng-klik tombol apply dipojok kanan. Tetapi lebih baik sebelum masuk ke fitur ini download template awal dulu untuk jaga-jaga. Pada themes yang tersedia anda bisa merubah background blog anda sesuai pilihan yang tersedia.
Selanjutnya ada hal menarik lainnya di fitur ini, perhatikan gambar dibawah ini :


Sebelumnya sobat mungkin cukup dipusingkan dengan cara merubah layout 2 kolom menjadi 3 kolom ataupun modifikasi kolom karena harus berurusan dengan kode HTML yang ribet. Pada template designer ini telah tersedia edit Layout kolom mulai dari Body Layout, Footer Layout dan adjust width (penyesuaian ukuran).


Tool Terakhir adalah menu Advanced, sobat bisa melakukan modifikasi tampilan lebih detail lagi, mulai dari page text, links, gadget sampai dengan add css dengan cara yang sangat mudah (tinggal klik-klik pilihan yang tersedia). Selanjutnya setelah sobat lihat di preview blog dan yakin dengan hasilnya, klik Apply di pojok kanan. Blog sobat telah berubah secara total dengan sangat mudahnya.
Inilah Cara Termudah Edit Template Blogger dengan fitur Template Designer.
Semoga bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment