Tuesday, June 8, 2010

MENGENAL TEHNIK SEO

Terdorong oleh rasa ingin berbagi kepada rekan blogger pemula, dalam artikel ini saya ingin menulis secara singkat mengenai SEO dan Mengenal Tehnik SEO. Berhubung penulis pernah merasakan juga di awal masuk dunia Blog yang begitu asing dan menjumpai istilah SEO ini. Hal ini bukan berarti penulis sudah ahli dalam mengenal tehnik SEO tapi hanya sekedar berbagi dan mungkin untuk para senior ini hanyalah sebuah nostalgia.

Search Engine Optimization (SEO) menurut wikipedia (biar valid referensinya), merupakan sebuah proses yang fungsinya berkaitan dengan proses peningkatan volume dan kualitas traffic yang mengarah ke situs tertentu.

Termasuk kegiatan SEO adalah mengoptimalkan proses coding dan pembuatan struktur sebuah website agar spider bot (milik search engine) bisa dengan efisien meraba-raba website dan tidak terhalangi untuk mengendus-ngendus bagian tertentu dari website (emang doggy.. hehe).

Tehnik SEO ada 2 Jenis :
1. Tehnik yang normal disebut dengan istilah White hat SEO dan Tehnik yang nakal dinamakan Black Hat SEO. Tehnik normal biasanya menerapkan kaidah-kaidah yang memang sesuai dengan standard Search engine, misalnya rutin menulis artikel, menerapkan keywoard yang sesuai dengan content artikel, menambah traffic dengan cara yang wajar (silahkan baca : 4 cara mendapatkan traffic website ).

2. Tehnik Black hat SEO memang cenderung membuat website kadang bisa membuat website terkenal secara cepat, namun keawetannya tidak terlalu tinggi. Tehnik-tehnik nakal yang penah digunakan oleh para Black Hat SEO antara lain spamdexing (membuat index link yang banyak), link farm dan memperbanyak keyword secara liar. Namun tehnik ini sekarang sudah diwaspadai oleh berbagai search engine terkenal sehingga alih-alih mendapatkan posisi yang strategis, website yang bersangkutan malah jeblok di search engine. tentunya anda pernah melihat artikel disuatu blog yang setiap paragrafnya penuh dengan index link, sampai kata dan, yang pun mereka index. pengunjung pasti pusing membaca artikel seperti itu.

Kegiatan SEO berkaitan erat dengan koding HTML, maka strategi SEO biasanya juga termasuk dalam pembuatan website dari awal. Sebuah Website yang SEO friendly merupakan tujuan dari SEO.
Semoga tulisan ringan dan sederhana ini bisa sedikit membuka wawasan tentang SEO. Semoga artikel Mengenal tehnik SEO ini bermanfaat bagi para sahabat .. :)

baca juga artikel yang terkait SEO dibawah ini :
Connection Keyword with SEO
How to get SEO with simple SEO
Memahami istilah SEO dengan SEO dictionary

No comments:

Post a Comment