Sunday, April 25, 2010

KUNCI MENINGKATKAN ALEXA RANK

Banyak Tips diberikan mengenai meraih dan meningkatkan alexa rank. Mulai dari yang sekedar hoax sampai yang benar-benar sharing yang bermanfaat. Berdasarkan pengalaman pribadi Kunci meningkatkan alexa rank sangatlah mudah. Blog ini terhitung masih sangat muda (3 bulan) tapi sudah mencapai di bawah 800.000 (data tanggal hari ini dari alexa toolbar). Disini saya akan berbagi kunci Meningkatkan alexa rank bagi sesama bloger. 


Sebelum saya memasang alexa rank, saya mempelajari apakah alexa, bagaimana cara kerjanya dan mempelajari pentingnya alexa sebagai tolok ukur suatu web/blog. Untuk detailnya anda bisa membaca artikel berikut :
Pada awal blog ini dibuat (pertengahan februari 2010), saya mendapatkan alexa rank - No Data. Untuk lebih detailnya anda bisa membaca pada artikel terkait berikut :
Selanjutnya berdasarkan sharing dan tips dari berbagai rekan bloger dan juga eksperimen pribadi akhirnya saya mulai memahami Kunci meningkatkan Alexa Rank. Detail artikel terakhir saya adalah sebagai berikut :
Setelah saya coba memahami maka pada artikel ini saya mencoba merumuskan Kunci meningkatkan Alexa Rank, sesuai apa yang di alami perjalanan blog ini.

Tahapan Meningkatkan Alexa Rank :
1.  Membuat tulisan/artikel tentang alexa (membuat link-nya juga)
2.  Usahakan blog anda terindeks dulu oleh mesin pencari Google
3.  Menginstall alexa toolbar pada browser anda (compatible with firefox)
4.  Menulis artikel rutin secara berkala (kalau bisa tiap hari)
5.  Maksimalkan SEO keyword agar artikel anda berada di page 1-5 google
6.  Rutin membuka blog anda via browser yang terinstall alexa toolbar
7.  Rutin login ke alexa.com untuk evaluasi blog anda (minimal 1 minggu sekali)
8.  Untuk tahap awal rajin-rajinlah tukar link dengan blog diatas anda
9.  Usahakan sebanyak mungkin membuat link komentar di blog-blog top
10. Perbanyak traffic site anda dengan bergabung dengan web direktori
11. Lakukan ping dan Google webmaster tool secara berkala (1 minggu sekali)

Bila rekan-rekan melakukan langkah-langkah diatas Insya Allah Alexa rank anda akan cepat meningkat. Mulai dari Ranking puluhan juta, Biasanya selanjutnya turun 1-2 juta/hari. Setelah di ranking 3 juta, angka menurun mulai melambat 100 ribu/hari. Pada ranking 1-2 juta nilai alexa turun 10-50 ribu/hari. Hal ini bisa dimaklumi karena tingkat persaingan alexa semakin berat di level ini.

Kunci sebenarnya adalah semakin banyak traffic ke website anda maka semakin besar juga nilai alexa rank anda (makin kecil angka alexa berarti semakin tinggi rank anda). Jadi kesimpulan akhirnya perbanyak artikel anda (usahakan selalu terindex google) secara rutin.
Sepengetahuan saya, Tidak ada trik/software khusus yang bisa memperbanyak traffic, hanya kesabaran dan ketekunan andalah kuncinya.
Semoga tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan, mohon maaf bila ada kesalahan dan semoga bermanfaat.

Note: artikel tentang SEO, google webmaster, ping, web direktori, bisa anda baca di kategori tips blogging

No comments:

Post a Comment