Monday, April 26, 2010

GEBRAKAN BLACKBERRY DI WES 2010

Laporan DetikInet.com dari Orlando mengenai Gebrakan Blackberry di Wess 2010 patut kita simak. Pamor BlackBerry beberapa tahun belakangan ini terus meningkat dan penggunanya semakin banyak. Smartphone besutan Research in Motion (RIM) dari Kanada itu telah menjadi "ponsel sejuta umat" di Indonesia.

Tak berlebihan rasanya jika BlackBerry kita juluki "ponsel sejuta umat". Sebab, kalau kita cocokkan dengan data operator, pengguna akses jaringan end to end untuk layanan handset ini memang sudah lebih dari sejuta pelanggan.

Berdasarkan data yang detikINET rangkum dari para mitra RIM di Indonesia, XL Axiata menjadi  operator seluler terbesar yang melayani pengguna BlackBerry dengan kisaran 335 ribu  pelanggan.

Kemudian disusul oleh Telkomsel dengan jumlah 290 ribu, Indosat 290 ribu, Natrindo Telepon  Seluler (Axis) 45 ribu, Hutchison CP Telecom (Tri) 30 ribu, serta Smart Telecom yang coba  menembus 10 ribu pelanggan mengandalkan BlackBerry CDMA.

Berkat pertumbuhan pelanggan di Indonesia yang sempat menembus 500%, RIM secara global  berhasil menambah 4,9 juta pelanggan BlackBerry selama kuartal keempat tahun fiskal 2010. Dengan demikian sampai akhir kuartal itu, jumlah pelanggan BlackBerry di seluruh dunia  telah mencapai 41 juta.

Rasanya tak berlebihan pula jika Indonesia kemudian dilirik oleh RIM sebagai salah satu  pasar yang paling potensial di kawasan Asia selain AS-Eropa. Bisa kita lihat, Indonesia  kini menjadi negara kedua setelah Amerika dan Kanada yang dibidik jadi tempat peluncuran  setiap ponsel terbaru BlackBerry.

Terkait hal itu, baik RIM maupun XL mengakui bahwa lonjakan pesat pertumbuhan pelanggan BlackBerry di Indonesia, tak terlepas dari bantuan para mitra seperti media massa, distributor, pengembang aplikasi, serta kalangan komunitas.

Itu sebabnya, RIM dan XL kemudian memberi apresiasi dengan mengundang para mitranya, termasuk detikINET, untuk menghadiri ajang bergengsi bagi pengguna BlackBerry dalam acara  Wireless Enterprise Symposium/WES 2010 di Orlando, Florida, Amerika Serikat, 27-29 April ini.

Ajang WES merupakan ajang resmi tahunan yang digelar RIM untuk memberikan edukasi serta berbagi pengetahuan dan pengalaman teknis maupun non-teknis antara para pengguna BlackBerry di seluruh dunia. Tahun ini diperkirakan ada 2000 pengunjung yang datang.

Biasanya, dari ajang ini pula banyak bocoran informasi terbaru seputar dunia BlackBerry. Well, pembaca setia detikINET, mari kita nantikan saja laporan yang dikemas tim redaksi detikINET, langsung dari WES 2010 di Orlando.

sumber:detikinet.com

No comments:

Post a Comment