Friday, May 21, 2010

DILEMA DOFOLLOW ANTARA MANFAAT DAN KERUGIAN

Pengertian Blog Dofollow adalah sebuah Blog yang memberikan secara otomatis backlink kepara pengunjung yang meninggalkan alamat blog dengan cara berkomentar di Blog Dofollow tersebut.
Dilema Dofollow antara Manfaat dan kerugian. Membuat Blog menjadi Dofollow dari yang asalnya Nofollow ada konsekwensi yang harus ditanggung tetapi juga mendapatkan manfaat sebagai nilai plusnya.

Kelebihan Blog Dofollow adalah membuat postingan anda banyak diberi komentar karena para pengunjung Blog anda ingin mendapatkan Back Link secara cuma-cuma dari Blog Anda.Back link ini nantinya akan membantu Blog mereka mendapatkan Rank lebih baik.Ya Ibaratnya anda memberikan Kado kepada orang yang rela meluangkan waktunya untuk memberi komentar di blog anda.
Blog Dofollow biasanya sering dikunjungi pengunjung terutama untuk blog yang ber-page rank tinggi. Pengunjung blog akan lebih suka untuk berkunjung dan berkomentar dengan meninggalkan sebuah link ke blognya. Dampak negatifnya jika link keluar (outbound lik) lebih banyak dari pada link ke dalam (inbound link) maka akan merugikan pemilik blog dofollow tersebut. Konon Mbah Google kurang suka dengan postingan yg terlalu banyak komentar dan link apalagi linknya didofollow.

Kekurangan atau kerugian yang pertama adalah Blog Dofollow tidak begitu disukai oleh Google karena Blog Do Follow Memberikan Link Keluar yang Banyak.Jadi jangan kaget jika kemungkinannya Blog Dofollow tidak menempati halaman-halaman awal Google
Kelemahan atau kekurangan dari Blog Do Follow yang Kedua adalah Blog Dofollow rawan diserang SPAMMER yang menginginkan Back Link gratis ke Blog anda,mereka membuat sebuah Komentar ala kadarnya saja dan memasang link BLog mereka di Blog Anda.
Kekurangan Blog Dofollow yang ketiga adalah jika terlalu banyak link keluar yang ada di Blog anda,blog anda bisa dihapus dalam daftar mesin pencari atau minimal Google hanya mengindeks sebagian halaman Blog anda.Tentu saja ini akan membuat pengunjung anda dari Google berkurang atau bahkan tidak ada.
Dari keterangan tentang kekurangan dan kelebihan blog do follow, jika anda belum siap dengan komitmen Dofollow, saya menyarankan anda untuk membuat blog anda menjadi Nofollow karena membutuhkan perhatian lebih (kecuali blog anda sudah ber-PR) dikarenakan kekurangannya tadi.

MENSIASATI/ MAINTENANCE BLOG DOFOLLOW
Untuk mensiasati atau tepatnya merawat blog Dofollow bisa dengan cara membuat trik komentar yang di tengah (Reply Comment) dibuat nofollow termasuk link yang ada di dalam isi komentar. Kemudian harus diimbangi memperbanyak link ke dalam dengan rajin blogwalking dan submit blog atau postingan ke beberapa direktori blog atau social bookmark.
Bagi penulis pribadi membuat blog dofollow merupakan seni berinteraksi dan beramal, masalahnya adalah hanya tinggal menyeimbangkan dengan outbond keluar (sering2 comment di blog lain). Atau bila anda sedang non aktif menulis / jarang blogwalking bisa kembali dulu ke Nofollow. Selanjutnya semuanya terserah anda untuk mengambil keputusan Dofollow or Nofollow? it's up to you guys.. :)




baca juga artikel berikut sebagai referensi :

No comments:

Post a Comment