Friday, February 11, 2011

CARA TERMUDAH MENGHAPUS ATAU MEMUNCULKAN NAVBAR BLOGSPOT

Sebelumnya banyak tutorial yang memberikan cara menghapus Navbar atau Navigation Bar di blogspot ataupun menyembunyikannya dengan cara hidden. Disini  penulis ingin memberikan trik lan yang paling mudah menghapus Navbar secara permanen dan cara memunculkannya kembali bila perlu duatu saat nanti.  Inilah Cara termudah menghapus atau memunculkan Navbar blogspot. 

Cara Menghapus Navbar secara permanen sebagai berikut :
1. Login terlebih dulu ke account blogger anda
2. Selanjutnya masuk ke Layout, pilih Edit Html
3. Lalu tambahkan kode ini  <!- – <body> – ->  diatas kode  <body>
4. Kemudian klik Save.Selanjutnya akan muncul konfirmasi penghapusan widget



5. Lalu klik Delete Widgets
6. Maka Navbar blog anda terhapus secara permanen

Harap diperhatikan :
Setelah anda melakukan cara diatas, navbar blog akan benar-benar terhapus  karena Kode iframe Navbar tidak akan ada lagi di dalam HTML blog, keuntungannya adalah blog anda akan lebih friendly di mesin pencari atau search engine dan blog anda akan memiliki kode XHTML yang lebih valid dari sebelumnya.

Kekurangan dari trik ini adalah fasilitas Quick Edit disetiap post akan hilang dari blog.  Bahkan setelah login, fasilitas Edit Posts juga hilang. Termasuk fasilitas icon delete komentar juga akan hilang. Inilah Resikonya maka harap dipikirkan baik-baik sebelum menghapus Navbar secara permanen.

Tips memunculkan kembali Navbar yang telah dihapus :
Caranya sangat mudah, Navbar blog anda akan kembali muncul seperti biasa lagi dengan cara menghapus kode  <!- – <body> – ->   dari halaman HTML.  Klik Save dan lihatlah Blog anda akan memiliki Navbar kembali. 

Silahkan baca artikel menarik lainnya :

No comments:

Post a Comment